Wednesday 14 December 2011

UAS Trimatra

hari ini, 14 Desember 2011, tepatnya jam 11 siang, saya ada ujian untuk mata kuliah trimatra,
ujian trimatra ini adalah ujian terakhir saya di semester 1,
ya sebenernya cuma ada 2 mata kuliah aja yang diujiin,*salah satu keuntungan jadi mahasiswa JAFT*

malemnya sih saya sempet baca2 materi dikit tentang fungsi dan ruang,
g fokus juga sih sebenernya,
kebanyakan facebookan sama twitteran malah :p

saya g mikir macem2 buat ujian ini, karena berdasarkan pernyataan seorang senior yang saya tanyai, katanya soal yang taun kemaren cuma
'jelaskan apa yang dimaksud dengan ruang?' sama 'bagaimana kesan anda tentang mata kuliah trimatra I?'
iya, itu doang,
jadi prediksi saya sama temen2 soalnya g jauh beda lah,
paling 'jelaskan apa yang dimaksud dengan fungsi?' gitu
masih bisa lah dinalar, pinter2 merangkai kata2 aja,
hahaha

tapi ternyata prediksi kami meleset,
iya, meleset set set

pas pertama dibagi lembar jawab, masi nyante banget rasanya,
saya mikirnya : 'oh, lembar jawabnya cuma setengah halaman folio, berarti soalnya dikit doang'
terus pas soalnya dibagi ke anak2 yang duduk di deretan depan *saya duduk di barisan ketiga dari belakang*, saya masih tetep nyante, iyalah, orang lembar soalnya cuma seumpil gitu,

tapi setelah lembar soal ada ditangan, jengjengjeng,
speechless banget,
ternyata soalnya panjaaaaaang dan saya g ngerti apa2,
cengo banget deh pokoknya,
jadi soalnya gini :
A. 3 hal yang dipelajari dalam mata kuliah Perancangan Trimatra
   adalah : ENTITAS, PENCIPTAAN, dan PENGELOLAAN RUANG. Ada 2
   tahapan proses yang dilakukan, yaitu : Tahap Konsep/ Pemikiran
   (3 in 1) dan Tahap Implementasi (realisasi konsep dalam bentuk
   rancangan / desain)
   Jelaskan dengan singkat apa yang dimaksud
  dengan 1 (one) dan 3 (three)

B. Fungsi (dalam arsitektur) merupakan istilah yang
   mempresentasikan khasanah kegiatan yang dilakukan oleh
   manusia. Umumnya, fungsi terwadahi oleh ruang
   (teritori nyata / non nyata) yang tercipta oleh kegiatan
   bersangkutan. Selain membutuhkan wadah / ruang, fungsi akan
   optimal berjalan jika didukung oleh (supported by) berbagai
   hal. Ada 2 hal yang paling dan sangat dibutuhkan.
   Sebutkan dan jelaskan dengan singkat
  (alasan2nya) 2 hal yang paling dan amat
  sangat dibutuhkan oleh manusia ketika harus
  menjalankan kegiatannya (baik dalam ruang
  terbuka maupun tertutup)

sumpah saya mangap pas baca ini,
g ngerti apa2 beneran lho,
1 tuh apa? 3 tuh apa?
2 hal yang sangat dibutuhin? dipikiran saya malah adanya oksigen sama makanan,
saya tengok kanan - kiri, sepertinya temen2 saya juga banyak yang g ngerti harus jawab apa buat pertanyaan2 diatas

jadi ini yang saya lakukan selama *kurang dari* 60 menit di ruang ujian :

1 menit pertama :
saya cuma nulis
ADIS NASTITI .F
21020111110144
PERANCANGAN TRIMATRA I
di lembar jawab saya

15 menit pertama :
bengong, mandangin kertas
*backsound : suara jarum jam. . .tiktoktiktoktiktok. . .*
clingak clinguk kanan kiri depan belakang,
ngliatin teman2 saya, ada yang udah mulai ngerjain * ato nulis nama? g tau deh, pokoknya mereka udah mulai ngurek2 lembar jawaban*, ada yang masih plonga plongo juga kayak saya

menit2 berikutnya :
mulai mikir, ini kalo g mulai ngerjain bisa2 g selese nanti,
jadi ya dengan masa bodo saya mulai ngurek2 kertas,
jawab pertanyaan2 itu dengan kalimat apapun yang bersliweran di otak saya,
sambil sesekali nglirik jawaban temen kanan kiri *baca : cari inspirasi*

akhirnya jam 12an kurang saya ngumpulin tuh lembar jawaban,
g yakin sih sama jawaban saya yang kayaknya amburadul itu,
tapi cuek lah, mau gimana lagi
-,-
kayaknya cuma keajaiban yang bisa bikin saya dapet A buat mata kuliah yang satu ini

No comments:

Post a Comment